Selasa, 17 November 2009

Tujuan Tugas Perkembangan

Tujuan Tugas Perkembangan
• Petunjuk untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari individu pada usia tertentu.
• Memberi motivasi untuk melakukan apa yang diharapkan oleh kelompok sosial tertentu.
• Karena bertahap, tugas perkembangan menunjukan apa yang akan dihadapi dan tindakan yang diharapkan pada perkembangan berikutnya.
Sumber tugas perkembangan
• Kematangan fisik (berjala, berperilaku sesuai jenis kelamin)
• Tuntutan masyarakat secara kutural (membaca, menulis)
• Tuntutan atau dorongan dan cita-cita individu (memilih pekerjaan dan pasangan)
• Tuntutan norma agama (beribadah dan berbuat baik)
Tugas perkembangan kanak2 akhir
• Memperoleh kematangan fisik untuk melakukan permainan
• Membentuk sikap yang sehat terhadap dirinya sendiri sebagai makhluk biologis
• Bergaul dengan teman-teman sebaya
• Memainkan peranan sesuai dengan jenis kelaminnya
• Belajar keterampilan dasar membaca, menulis dan menghitung
• Mengembangkan konsep sehari-hari
• Mengembangkan kata hati
• Memperoeh kebebasan yang bersifat pribadi
• Mengembangkan sikap positif terhada sosial dan lembaga
Tugas perkembangan Remaja
• Mencapai hubungan yang lebih matang dengan teman sebaya
• Mencapai peran sosial sebagai pria dan wanita
• Menerima keaadan fisik dan menggunakannya secara efektif
• Mencapai kemandirian emosional dari orang tua dan orang dewasa lainnya
• Memilih dan mempersiapkan karir
• Mempersiapkan pernikahan dan hidup berkeluarga
• Mengembangkan keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang diperlukan bagi warga negara
• Mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab secara sosial
• Memperoleh seperangkat nilai dan sistem etika sebagai petunjuk dalam bertingkah laku
• Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
Tugas Perkembangan Dewasa awal
• Mulai bekerja
• Memilih pasangan
• Belajar hidup dengan pasangan
• Mulai membina keluarga
• Mengasuh anak
• Mengeola rumah tangga
• Mengambi tanggung jawab sebagai warga negara
• Menemukan kelompok yang serasi
ITP (inventori tugas perkembangan adalah instrumen yang digunakan untuk memahami tingkat perkembangan individu. ITP disusun untuk mengukur tingkat perkembangan siswa SD, SMP, SMA dan mahasiswa (empat instrumen terpisah). Instrumen ini digunakan untuk menunjang kegiatan Bimbingan dan Konseling yang berbasis perkembangan.
ATP (Analisis tugas perkembangan) adalah program aplikasi komputer (software) yang digunakan khusus untuk menyekor dan melakukan analisis tingkat perkembangan siswa yang dibimbing, baik secara individual maupun kelompok. Dengan ATP hasil ITP lebih mudah dan lebih cepat diolah serta ditafsirkan, sehingga ITP dan ATP merupakan satu paket instrumen yang sangat bermanfaat bagi konselor.

dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar