Sabtu, 09 Oktober 2010

definisi Pekerjaan

Menurut Kamus Jabatan Indonesia, Pekerjaan adalah sekumpulan kedudukan yang memiliki persamaan kewajiban atau tugas pokoknya. Dalam kegiatan analisis jabatan, untuk satu pekerjaan dibuat satu analisis. Satu pekerjaan dapat diduduki satu orang atau beberapa pegawai yang tersebar diberbagai tempat. Cotoh suatu pekerjaan adalah nelayan, petani dan buruh.
Sedangkan Jabatan adalah sekumpulan pekerjaan yang berisi tugas-tugas yang sama atau berhubungan dengan keterangan dan kemampuan yang sama pula, meski tersebar di beberapa tempat. Contohnya, Rektor, direktur, manajer personalia dan lain-lain. Dalam system klasifikasi jabatan nasional, untuk tiap jabatan diberi suatu kode dan nama jabatan dengan satu definisi atau uraian.
Berikut ini ada beberapa definisi tentang profesi diantaranya adalah :
1. Lokakarya Relevanci Kurikulum IKIP Yogyakarta (1978, h.9) dalam Term of Reference, memberikan arti mengenai profesi sebagai berikut : Profession: an ocupation involing relatively long and specialized oreparation on the level of higher education and governed by a special code of ethnics. Yang artinya kurang lebih : Profesi adalah sebuah jabatan yang bersifat relatif lama dan penyiapan spesialisasi pada tingkat pendidikan tinggi dan dibatasi oleh kode etik yang khusus.
2. Kamus Encyclopedi WEBSTER INTERNATIONAL (vol.II, 1976, h.761) memberikan definisi sebagai berikut :”……Profession, a vowal or public a knowledgement of one’s bellifs or loyalities. Yang artinya profesi adalah suatu pengakuan masyarakat terhadap sesuatu yang menyangkut tentang kepercayaan (loyalitas).
Dari batasan-batasan di atas kiranya dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Profesi adalah suatu jabatan yang membutuhkan latihan atau pendidikan yang cukup lama , yang dibatasi oleh kode etik tertentu dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat akan loyalitasnya. Contoh dari suatu profesi seperti POLRI, Dokter, Guru, Konselor dan Hakim.
Berikut ini definisi job, work dan hobby menurut Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English.
1. Job is piece of work, either to be done, or complete.
2. Work : use of bodily or mental powers with the purpose of doing or making something (especially contrasted with play or recreation)
3. Hobby: occupation, not one’s regular business, for ones leisure time.
Dari pengertian tersebut dapat dilihat perbedaan yang mendasar pada ketiganya. Job merupakan bagian dari work. Semua Work pasti merupakan Job, atau work terdiri dari berbagai Job. Sedangkan Hobby memiliki ciri khas khusus yaitu adanya unsure untuk kesenangan, tidak terikat pada tuntutan ekonomi atau pun social. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa Hobby tersebut bisa menjadi Job ataupun Work.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar